Rabu, 20 Januari 2016

tugas artikel kelas XII IPA 1

ARTIKEL MENGENAI KOMITMEN HUBUNGAN KERJA SAMA PEMERINTAH INDONESIA DENGAN NEGARA LAIN



1.    Hubungan Luar Negri Indonesia

Sejak merdeka, hubungan luar negri Indonesia berpatokan dengan kebijakan luar negri “bebas dan aktif” dengan mencoba mengambil peran dalam berbagai masalah regional sesuai dengan ukuran dan lokasinya, namun menghindari keterlibatan dalam konflik di antara kekuatan-kekuatan besar dunia. Kebijakan luar negri Indonesia pada masa orde baru yang dipimpin Presiden Soeharto beralih dari sikap anti-barat dan anti Amerika yang menjadi cirri pemerintahan Soekarno. Setelah Soeharto mengundurkan diri tahun 1998, pemerintah Indonesia mempertahankan garis besar kebijakan luar negri Soeharto yang modert dan independen. Banyaknya masalah di dalam negri tidak berhasil mencegah presiden-presiden selanjutnya untuk bepergian ke luar negri serta partisipasi Indonesia dalam panggung Internasional. Invasi ke Timor Leste oleh Indonesia pada bulan Desember 1975, aneksasinya tahun 1976, serta referendum kemerdekaan Timor Leste  dari Indonesia  pada bulan Agustus 1999 memperkuat hubungan Indonesia dengan komunitas Internasional.


2.    Contoh Kerjasama Negara Indonesia dengan Negara     Lain

Kerjasama Indonesia-Australia

Pemerintahan Australia dan Indonesia hari Senin menandatangani proyek kerja sama untuk mencegah masalah perdagangan manusia di kawasan Asia Tenggara. Proyek ini menitikberatkan pemberian bantuan pada aparat hokum Indonesia dalam mengenai kejahatan perdagangan manusia.
Menurut kepolisian Indonesia, program kerjasama ini penting karena masalah perdagangan manusia tidak bias diselesaikan hanya oleh satu Negara. Indonesia adalah Negara ke-5 yang terlibat dalam program kerja sama memerangi masalah perdagangan manusia yang di pelopori pemerintah Australia, setelah Malaysia, Kamboja, Laos dan Birma. Program yang akan disiapkan untuk kawasan Asia Tenggara akan berlangsung selama 5 tahun kedepan.
Katanya duta besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer mengatakan, kerja sama regional ini adalah bentuk komitmen untuk memerangi perdagangan manusia di kawasan Asia. Pejabat Australia yang ikut menandatangani kerjasama ini, Phillipe Allen mengatakan program senilai Rp 160 miliyar ini akan di fokuskan kepada bantuan teknis. Menurut nya Indonesia akan merasakan manfaat dari kerjasa tersebut.
Masalah perdagangan manusia menjadi isu penting bagi Australia, setelah mereka di banjiri kehadiran imigran yang menjadikan Indonesia sebagai basis transitnya, sebelum mereka menuju ngara tujuan Australia.



Demikian Artikel ini saya buat atas dasar pendapat dan kemampuan saya, dan di tanggung jawab pi oleh saya sendiri :
Nama          : Risca Amalia
Kelas : XII IPA1
Apabila ada ada salah kata dan tulisan mohon dimaafkan dan dimaklumi.
Sekian, dan Terima Kasih

DAFTAR PUSTAKA


http://www.Sangpujanggakecil.blogspot.co.id/2014/11/kerja-sama-negara-indonesia-dengan-negara-lain








Created by ; riscasagita@gmail.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar